Rabu, 28 November 2012

Membuat Majalah

Membuat Majalah


Majalah merupakan media publikasi kedua yang sangat digemari oleh beberapa golongan.  Sekarang kita bisa melihat beragam jenis majalah ada disekitar kita. Mulai dari majalah memasak, Teknologi, Enterteinment, Geografi, Otomotive, dsb. 
Dalam mendalami sebuah majalah biasanya minimum mempunyai 4 divisi turunan yang inti. Yang pertama, sebuah majalah harus mempunyai Reporter, Redaksi, Design, Humas. 
Karena kita ada dilingkup visual maka yang akan saya bahas hanya ada disekitaran Design. Dalam membuat majalah ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan :
1. Menentukan Jumlah Halaman 
Mengapa menentukan jumlah menjadi hal yang penting dalam membuat majalah ? Yap, karena halaman akan mempengaruhi dari isi berita, banyaknya gambar, Iklan dan angka untuk produksinya nanti. Usahakan sebuah halaman untuk majalah adalah habis dibagi 4. Karena jika sebuah majalah jumlah halamannya ganjil akan ada kosong 1 halaman pada saat produksi nantinya. 
2. Ukuran Font 
Bagian isi dari majalah akan sangat ideal menggunakan size font 9-10 pt untuk isi dari majalah, sedangkan untuk Headline bebas sesuai dengan tema dan artikel yang dikehendaki. Dan jenis font untuk isi sangat disarankan tidak menggunakan font-font yang aneh, lebih baik menggunakan seperti, arial, times new roman, garamound, dll. 
3. Margin
Standard margin lebih disarankan mengikuti kepada media-media yang sudah ada sebelumnya. Yaitu right, left, bottom dan top 1,5 cm. 
4. Gambar 
Hindari pemakaian banyak gambar pada sebuah artikel. Karena mata pembaca akan berebut dalam melihat terlebih dahulu antara gambar dengan tulisan anda. 
dan adapun beberapa hal yang berbau teknis dalam pengerjaan sebuah majalah yang bisa dijadikan pedoman sebelum anda membuat majalah : 
- Jika menggunakan gambar jangan lupa anda meng embed gambar tersebut. 
- Lebih disarankan menggunakan software : 
  •  Adobe In Design 
  • Adobe Page Maker 
  • Quack Express
  • Corel Draw
  • Adobe Ilustrator 
- Save File dalam bentuk wmf, Psd, Tiff, atau pdf. 
- Biasakan menggunakan satuan warna CMYK, jangan sekali-kali menggunakan RGB. 
- Hindari penggunaan font-font berukuran kecil dibawah 5 pt, karena itu akan mengganggu ketajaman dari pencetakannya. 
- Gunakan resolusi 300 dpi, jika anda menggunakan photoshop. 
Software sahabat dalam membuat satu layout majalah 3 item dari atas (rekomendasi). Karena dalam software in design, page maker dan Quack Express, mereka menyediakan beberapa fitur yang khusus untuk pembuatan majalah. 
Fitur yang beda dari software grafis yang bukan non majalah seperti Illustrator dan Corel draw adalah mereka tidak mempunyai logika balik kertas pada halaman. Berbeda dengan software yang direkomendasikan untuk membuat majalah. 
Satu hal yang harus diwaspadai adalah sebelum turun cetak sangat dianjurkan untuk memeriksa kembali bagian-bagiannya. Mulai dari design, materi sampai ejaan huruf perkata. Karena jika sudah turun cetak maka kesalahan-kesalahan tersebut akan membawa kerugian yang tidak main-main. 
Salam kreatif,


Royan Royhan 

0 komentar:

Posting Komentar

//Neon Lights Text II by G.P.F. (gpf@beta-cc.de) //visit http://www.beta-cc.de //Visit http://www.dynamicdrive.com for this script var message="Terimakasih atas kunjungan anda salam blogger . . .!" var neonbasecolor="gray" var neontextcolor="yellow" var neontextcolor2="#FFFFA8" var flashspeed=100 // speed of flashing in milliseconds var flashingletters=3 // number of letters flashing in neontextcolor var flashingletters2=1 // number of letters flashing in neontextcolor2 (0 to disable) var flashpause=0 // the pause between flash-cycles in milliseconds ///No need to edit below this line///// var n=0 if (document.all||document.getElementById){ document.write('') for (m=0;m'+message.charAt(m)+'') document.write('') } else document.write(message) function crossref(number){ var crossobj=document.all? eval("document.all.neonlight"+number) : document.getElementById("neonlight"+number) return crossobj } function neon(){ //Change all letters to base color if (n==0){ for (m=0;mflashingletters-1) crossref(n-flashingletters).style.color=neontextcolor2 if (n>(flashingletters+flashingletters2)-1) crossref(n-flashingletters-flashingletters2).style.color=neonbasecolor if (n

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews