Rabu, 28 November 2012

Mitologi Burung Feng Huang

Wikipedia Image
Berawal dari melihat foto kawan-kawan yang berpose didepan klenteng, saya terus memperhatikan makna yang tersirat pada design yang berada pada tempat Ibadah Orang Khong Hu Chu itu. Agak membingungkan memang, beberapa kawan saya  bilang itu adalah tempat peribadatan untuk orang Budha dan ada juga yang bilang itu tempat peribadatan orang Khong Hu Chu.
But what ever lah ... saya tidak ingin membahas perbedaan, yang saya ingin membahas adalah kekaguman saya terhadap beberapa ornament yang mereka gunakan untuk tempat peribadatan mereka. 
Burung Feng Huang, beberapa orang ada yang menganggap ini adalah burung Phoenix atau sering juga disebut dengan burung api. Burung ini selalu ada pada tempat peribadatan yang sering disebut juga dengan Vihara ini.
Sejarah burung ini sudah ada dari jaman Dinasti-Dinasti di Cina. Burung ini dinamakan dengan Feng Huang dikarenakan memiliki 2 jenis, yaitu laki-laki dan perempuan. 
Jadi yang Feng itu adalah laki-laki dan Huang adalah Perempuan. Burung ini memang mempunyai beberapa simbol yang menarik, pantas saja menarik perhatian saya untuk menyelidikinya. Ternyata burung ini terdiri dari berbagai macam hewan. Paruh burung ini diambil dari Ayam Jantan, Muka pada burung ini adalah menggunakan Muka Burung Walet, Keningnya diambil dari jenis burung, lehernya diambil dari jenis ular dan punggungnya dari kura-kura. 
Lalu ditubuhnya juga terdapat 6 simbol benda langit, Kepala melambangkan Langit, Mata melambangkan matahari, Punggung melambangkan Bulan, Sayap melambangkan Angin, Kaki melambangkan Bumi dan Ekornya melambangkan Planet-planet. 
Sungguh Burung yang sangat luar biasa. Jika ini sebuah mitos, sungguh hebat yang membuat mitos ini. Maka saya sangat kagum dengan burung Mitologi Cina ini. 
Belum lagi pada ekornya terdapat 5 warna, yaitu Hitam, Putih, Merah, Biru dan Kuning. Seperti ada guideline pada burung ini. 
Saya belajar banyak hal dari beberapa proses atau mitologi yang sangat bagus ini. Karena Design itu sejalan dengan sejarah peradaban, baik manusia maupun mitologi-mitologi. Apa yang kita kenal sekarang jangan-jangan itu juga merupakan mitologi. Dari mana asalnya warna merah adalah berani ? 
Maka saya sangat senang untuk mendalami beberapa cerita-cerita mitologi baik yang berasal dari Indonesia itu sendiri maupun dari peradaban luar. 
Indonesia selalu terinfluent dari banyak negara, walaupun kita sering bilang bahwa budaya kita kaya. Namun yang harus diingat, semua itu sudah terinfluent oleh budaya-budaya negara sekitar. Masih aja gak percaya, Coba tengok batik kita yang mempunyai gambar burung Hong ?  dan coba anda simak sejarah burung Hong itu sendiri. 
Bener kan ter influent ....
Salam kreatif,

0 komentar:

Posting Komentar

//Neon Lights Text II by G.P.F. (gpf@beta-cc.de) //visit http://www.beta-cc.de //Visit http://www.dynamicdrive.com for this script var message="Terimakasih atas kunjungan anda salam blogger . . .!" var neonbasecolor="gray" var neontextcolor="yellow" var neontextcolor2="#FFFFA8" var flashspeed=100 // speed of flashing in milliseconds var flashingletters=3 // number of letters flashing in neontextcolor var flashingletters2=1 // number of letters flashing in neontextcolor2 (0 to disable) var flashpause=0 // the pause between flash-cycles in milliseconds ///No need to edit below this line///// var n=0 if (document.all||document.getElementById){ document.write('') for (m=0;m'+message.charAt(m)+'') document.write('') } else document.write(message) function crossref(number){ var crossobj=document.all? eval("document.all.neonlight"+number) : document.getElementById("neonlight"+number) return crossobj } function neon(){ //Change all letters to base color if (n==0){ for (m=0;mflashingletters-1) crossref(n-flashingletters).style.color=neontextcolor2 if (n>(flashingletters+flashingletters2)-1) crossref(n-flashingletters-flashingletters2).style.color=neonbasecolor if (n

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews